Marzuki Hamid Canangkan Vaksinasi Covid-19

Laporan Oleh Syamsuddin ( Deraja )

LANGSA ( bidikaceh.com ) – Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM bersama unsur Forkopimda mencanangkan Vaksinasi Covid-19 di Kota Langsa.

Kegiatan tersebut dipusatkan di RSUD Langsa, Rabu (10/2/2021).

Hadir dalam acara tersebut para Unsur Pimpinan Forkopimda, tamu dan undangan lainnya.

Dalam arahannya Wakil Walikota Langsa menjelaskan vaksinasi merupakan prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menstimulasi sistem imun dan akhirnya bisa memproduksi imunitas yang spesifik terhadap penyakit.

“Dalam konteks Covid-19 imunitas atau kekebalan yang diharapkan yaitu imunitas yang spesifik terhadap Covid-19,” katanya.

Sambungnya, secara luas, vaksinasi Covid-19 juga bertujuan untuk mengurangi transmisi Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Dia menambahkan pemerintah telah berupaya menyediakan vaksin yang aman bagi masyarakat seperti hal produk obat, vaksin juga harus melalui uji yang ketat terhadap efikasi dan efektivitas.

Pengembangan tetap harus melalui tahapan pengembangan yang berlaku internasional yang secara umum terdiri dari tahap pra klinik, tahap klinis dan penetapan penggunaan vaksin,” terang Marzuki Hamid.

Wakil Walikota juga menuturkan bahwa MUI telah menerbitkan fatwa mengenai halalan vaksin Covid-19 buatan Sinovac demikian dengan MPU Aceh.

“Berbagai ikhtiar yang kita lakukan untuk mengakhiri pandemi ini tidak akan membuahkan hasil tanpa peran seluruh lapisan masyarakat. Selain itu tenaga kesehatan sebagai garda terdepan juga harus menjadi contoh dalam pelaksanaan vaksinasi ini sehingga dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi sebagai salah satu upaya kita untuk mengakhiri pandemi Covid-19,”

Sementara itu, Direktur RSUD Langsa, dr Helmiza Fahry, SpOT, dalam laporannya menyampaikan, bahwa untuk RSUD Langsa dengan sasaran tenaga kesehatan dan non kesehatan sejumlah 1173 orang. Untuk, pelaksanaan vaksinasi di RSUD Langsa dilaksanakan setiap harinya dalam 2 sesi oleh 3 tim vaksinator mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.30 WIB.

Dalam setiap sesi dijadwalkan penyuntikan untuk 15 orang sasaran oleh setiap tim, dan diperkirakan dalam sehari RSUD Langsa dapat menyelesaikan vaksinasi untuk 90 orang sasaran. Sehingga, estimasi kita vaksinasi tahap 1 selesau dalam 13 hari dan dilanjutkan pada hari ke 14 dengan penyuntikan tahap 2.

Menurut Helmiza, pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan petunjuk tekhnis dari Kementerian Kesehatan dilakukan dalam 4 meja yakni meja 1 registrasi dan verifikasi, meja 2 skrining, anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana. Sasaran akan ditentukan layak vaksinasi, tunda atau tidka diberikn sesuai kebutuhan. Selanjutnya meja 3 penyuntikan dan terakhir meja 4 observasi, demikian Helmiza. []

Ket. foto BA : Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM bersama unsur Forkopimda mencanangkan Vaksinasi Covid-19 di Kota Langsa.

admin

Next Post

Situs Makam Purbakala Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Proyek Jalan Tol Kajhu

Rab Feb 10 , 2021
ACEH BESAR ( bidikaceh.com ). Ketua Peusaba Aceh Mawardi Usman mengabarkan adanya penemuan kompleks Situs makam purbakala di kawasan Gerbang Tol Kajhu yang sedang dalam proses pengerjaan (9/2/2020). Ini terlihat dari bekas galian yang menunjukkan bahwa makam disana adalah makam raja-raja dan makam para ulama besar Aceh era Kesultanan Aceh […]

Breaking News

Kategori