Pengungsi Rohingya di Aceh, Warga Patungan Beri Makan 94 Pengungsi

BidikAceh.com – Aceh Utara ] Sebanyak 94 pengungsi Rohingya yang diselamatkan nelayan Aceh sempat dilarang turun dari kapal. Warga kemudian ramai-ramai ke lokasi untuk membawa mereka ke daratan.

“Tadi sekitar pukul 16.30 WIB sudah dibawa turun oleh warga. Mereka sekarang ditempatkan di pondok-pondok di pinggir pantai,” kata Panglima Laot Aceh Utara M Hasan kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Kapal yang ditumpangi Rohingya awalnya lego jangkar sekitar 1 mil dari daratan Bayu, Aceh Utara. Warga dengan menggunakan boat berangkat ke lokasi untuk menarik kapal ke tepi Pantai Lancok.

Hasan mengatakan ke-94 pengungsi Rohingya ditempatkan di pondok-pondok pinggir pantai. Warga di sana juga berpatungan membelikan makanan untuk ‘manusia perahu’ tersebut.

“Tadi sudah diberi makanan oleh warga. Masyarakat kutip sumbangan untuk beri makan mereka,” ujar Hasan.

Sebelumnya, puluhan warga Rohingya diselamatkan nelayan dari perairan Aceh Utara. Mereka diduga terkatung-katung di laut setelah kapal yang mereka tumpangi rusak.

“Kapal KM Nelayan 2017.811 yang mengangkut WNA (warga negara asing) mengalami kerusakan di lokasi lebih-kurang 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara,” kata Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil kepada wartawan, Rabu (24/6/2020).

Jamil menjelaskan, berdasarkan laporan awal, jumlah Rohingya yang diselamatkan terdiri atas 15 orang laki-laki dewasa, 49 perempuan, dan 30 anak – anak .

Sumber : detikcom

admin

Next Post

Wali Kota Langsa Keluarkan Edaran ANTI RENTENIR

Jum Jun 26 , 2020
LANGSA | Wali Kota Langsa meminta jajaran kecamatan dan pemerintah gampong mengawasi keberadaan rentenir berkedok koperasi. Hal itu, tertuang dalam surat edaran Wali Kota Langsa Nomor 450/1550/2020  tertanggal 22 Juni 2020 Tentang Anti Rentenir. “Camat dan geuchik harus mengawasi praktik tengkulak atau rentenir berkedok koperasi di daerahnya,” sebut Walikota Usman […]

Breaking News

Kategori