Puluhan Spesies Mangrove di Kawasan Hutan Bakau Langsa Aceh

Bidik.com – Kuala Langsa : Hutan bakau ini disebut-sebut menjadi salah satu kawasan bakau terlengkap di dunia. Hutan mangrove atau hutan Bakau ini terletak di Desa Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Setidaknya ada 38 spesies  mangrove atau bakau, tumbuh di kawasan hutan bakau Kuala Langsa. Kawasan  hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 8 ribu hektar ini ditetapkan menjadi salah satu ikon Kota Langsa.

Tak hanya sekadar berkunjung, para wisatawan entah  seberapun usianya, juga dapat melakukan penelitian dan kajian terkait mangrove. Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dapat mengetahui lebih jauh manfaat dari keberadaan hutan mangrove karena jenis-jenis mangrove diberi keterangan singkat seperti nama latin, nama daerah, dan kegunaannya.

Akses Mudah
Tidak sulit untuk bisa menjangkau kawasan hutan bakau Langsa. Dari Kota Langsa, kawasan hutan bakau ini hanya berjarak sekitar lima (5) kilometer dan dapat ditempuh dengan menggunakan roda empat maupun roda dua, ke arah Pelabuhan Kuala Langsa.

Menariknya, sepanjang perjalanan dari Kota Langsa menuju kawasan hutan bakau ini wisatawan dapat menikmati perjalan alam desa nelayan. Nah, begitu sampai di kawasan hutan bakau, tersaji pemandangan khas hutan mangrove.

Peran Ekosistem Mangrove
Tersedia jembatan lintas hutan mengrove. Tak ayal, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bagaimana ekosistem di kawasan hutan mangrove Langsa.

Peran ekosistem mangrove juga dapat langsung kita saksikan yakni, sebagai tempat berlindung dan berkembang biak berbagai jenis burung, monyet, mamalia, ikan, kepiting, moluska, reptil, dan serangga. Selain itu, sebagai tempat menyediakan hasil hutan dan tempat wisata alam.

Obyek Foto-foto
Ada banyak spot apik untuk sekadar ber-selfie ria maupun mengambil foto-foto.  Jembatan warna coklat melengkung yang berada di atas perairan, jadi tempat terfavorit wisatawan. Saking indahnya pemandangan, tidak sedikit pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pre-wedding.

Spot terfavorit pengunjung lainnya, menara pengawas, yang  bisa dijumpai di tengah-tengah perjalanan menyusuri Hutan Mangrove Langsa Aceh.

===============================================================================

Sumber : Pesona Indonesia

 

admin

Next Post

Hutan Kota Langsa, Tempat Wisata Sekaligus Paru-Paru Dunia Kota Langsa

Ming Feb 23 , 2020
Bidik.com –  Langsa : Hutan Kota Langsa merupakan hutan lindung yang juga menjadi tujuan wisata favorit di Kota Langsa, hutan ini memiliki banyak koleksi flora dan fauna serta berfungsi sebagai paru-paru dunia Kota Langsa. Kota Langsa dikenal merupakan daerah yang mampu memajukan sektor pariwisata dengan baik, tak heran jika kota […]

Breaking News

Kategori